26 Comments

sk1 pengganti coreldraw di ubuntu

Pengguna windows yang sudah bermigrasi ke linux (yang disini saya tahunya ubuntu) biasanya menggunakan inkscape sebagai pengganti corel draw di windows. Kendati aplikasi ini memadai tapi ada kekurangan yang tidak bisa membuka file dengan format .cdr dari coreldraw. Dan untuk mengedit file tersebut juga harus melalui corel draw di windows.

Setelah mencari aplikasi pengganti corel draw untuk ubuntu akhirnya saya mendapatkannya juga, namanya sK1 Project. Aplikasi ini menurut saya sudah sangat mirip corel draw, dan juga sudah bisa membuka file format .cdr.

sK1

Untuk install aplikasi ini kita harus mendownloadnya langsung dari sk1project.com karena repository belum ada. Disini tidak hanya ubuntu yang bisa menggunakan tapi berbagai macam distro juga bisa mengunduhnya sesuai dengan distro yang dipakai (linuxmint, mandriva, fedora, dan open suse).

Untuk instalasinya saya menggunakan cara ini :

  • kita download dulu 2 file ( SK1 & SKlibs untuk Ubuntu Karmic 32 bit)
  • install dulu sk1libs-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.deb dengan double klik, setelah itu install dependensi dibawah ini melalui package manager
    tcl8.5 8.5.7-1
    tk8.5 8.5.7-1
    blt 2.4z-4.1
    python-tk 2.6.3-0ubuntu1
    python-imaging-tk 1.1.6-3ubuntu1
    python-reportlab 2.3-0ubuntu1
    python-reportlab-accel 2.3-0ubuntu1
    python-renderpm 2.3-0ubuntu1
  • Setelah semua sudah diinstal baru kemudian install deb sK1-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.deb dan finish
  • Untuk memanggilnya saya baru bisa menggunakan lewat terminal dengan mengetikkan sk1

Sampai saat ini saya belum bisa membuat menu baru untuk memanggil sk1 ini. Mungkin ada yang bisa membantu?

Untuk info selebihnya bisa dilihat disini dan disini.

26 comments on “sk1 pengganti coreldraw di ubuntu

  1. tinggal buat di sistem>preferences>main menu
    pada graphic buat new item, kasih nama sk1 terus commandnya juga sk1 .coba deh Bro

  2. Budhalll….. Langsung nyari benwit besar buat donlot aplikasi ini….

  3. ijin mengamankan posisi ketigaxxx buleh kan heeh
    wah saya gak bisa linux
    makasih nice share

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

  4. Berkunjung jelang pagi. Salam

  5. Kunjungan malam, jadi tahu soal sk1 yg sering bingung bagi yg migrasi ke linux, tq

  6. terimakasih sudah ngasi info bagus. udah kuinstal di lepiku nih.. tinggal nyari tutorialnya buat belajar ngedesain. hehehe
    ada yang bisa bantu?🙂

  7. untuk pengganti corel selama ini saya udah manteb pake inkscape..!
    cuman sering eror ketika saya harus save as file dalam bentuk pdf kenapa yah..?

  8. Sudah coba XaRa gan…
    direpo ada, mirip juga kek corel…
    coba dehh..😀

  9. Udah coba xara xtream belom? itu juga konon pengganti corel:mrgreen:

  10. tuk yang ini baru tahu,nanti insaalloh saya coba.

  11. wah….bingung mesti yg mana neh…
    sk1 aja download ga ada yg bener…
    kalo gantinya ulead video studio buat di ubuntu apa’an ya?
    gw pake ubuntu nyaman2 juga tuh….gratis kali ya ?

  12. canggih mana sama inkscape?

  13. layak di coba neeh😀

  14. saya pakai dewa linux 3 ( papuma ), semua sudah saya instal python dll tapi waktu jalankan sk1 diterminal yang muncul segmentation fault, solusinya bagaimana mas ? thx

    • papuma saya juga pernah pakai,mirip vista.Tuk masalah sk1 tu da depedencies yg blm lengkap mungkin,diulang lagi ja dan pastikan downlotannya tidak korup.

  15. Thanks Gan

  16. Buat yang tertarik menggantikan CorelDRAW di Linux, silakan melihat referensi desain di sini:

    http://desaininkscape.wordpress.com

    Ada cukup banyak desain yang tersedia untuk langsung dibuka di Linux.

  17. wah… thanks gan… saya berhasil install sk1 nya…. ya dengan cara yang agan sanjati sarankan

Leave a Reply

