17 Comments

Gnomenu di Lucid Lynx

Sebelum fresh install ubuntu 10.4 Lucid Lynx saya menggunakan Karmic Koala pemberian dari developer Linux dari hasil remasteringnya. Yang menurut saya menarik dari remastering ini adalah saat kita bisa merubah tampilan seperti windows, terutama pada start buttonnya yang diubuntu namanya gnomenu.Di Karmic saya tinggal makai gnomenu karena sudah terinstall secara otomatis tapi di LL ini harus install sendiri. Sempat bingung juga untuk mencarinya tapi Alhamdulillah mas estiko sudah mempostingnya. Disini saya akan mencoba menginstall tapi agak beda dengan dari yang telah saya baca di blog tersebut.

Tapi sebelumnya dulu saya juga kadangkala dan lebih sering memakai Linuxmint menu di ubuntu Karmic Koala. Lebih enak untuk pengoperasiannya karena tiap menu dah bisa melihat aplikasi didalamnya. Untuk cara pasangnya bisa ikuti tutorial sahabat saya ini. Dan sekarang ini cara saya install gnomenu di Lucid saya:

  1. Download dulu file gnomenu disini
  2. setelah itu anda perlu mendownload paket pendukung gnomenu ini (harus terhubung dengan internet tentunya) ketik perintah diterminal “sudo apt-get install python python-xdg python-cairo python-gconf python-xlib deskbar-applet” (tanpa tanda petik)
  3. Setelah itu file download tadi dicopi ke home folder dengan klik kanan copy to kemudian klik kanan ekstrak here
  4. selesai ekstrak ketik diterminal sudo su” untuk masuk ke home user
  5. Langkah selanjutnya setelah masuk ke home user masih diterminal ketik “cd gnomenu”
  6. Terakhir ketik “make install” untuk menginstall gnomenu

Setelah proses instalasi selesai, anda bisa menggunakannya melalui add to panel. Cari gnomenu dan klik add. Setelah muncul notifikasi restart dan reload menu, anda bisa menggeser gnomenu ke bagian kiri. Untuk merubah icon dan tampilan, klik kanan pada gnomenu dan pilih preference.


17 comments on “Gnomenu di Lucid Lynx

  1. keren abis…
    tapi kalau saya lebih suka pakai polosan, soale kompie-ku spec rendah… hehehe…

  2. mas mau nanya kalau muncul pesan yang seperti ini bagaimana?

    The panel encountered a problem while loading “OAFIID:GNOME_GnoMenu”.

  3. penasaran pengin nyoba…😉

  4. jadi penasaran juga saya. Gnomenu itu untuk apa ya mas?

  5. gnomenu itu seperti start menu di windows.Coba dulu ja.

  6. mas sanjati pake sidebar apa? itu conky apa screenlet?

  7. kok punyaku ndak mau keluar ya mas.. (instalasi sudah berhasil)

  8. wah saya sudah nyuba nich… mantab deh hasilnya…thanks juragan…

  9. om mw nanya dunk..klw misallnya ganti icon baru sesuka kita gmn ya caranya?gw pengen pake icon sendiri..klw cuma install tema baru gw dh bisa..mohon di bantu..:D

    • untuk cari icon bisa ke gnome-look.org, sedang untuk ganti icon bisa lewat klik desktop dan pilih change desktop background (paling bawah) kemudiam masuk theme. Nah disini kita bisa mengganti icon dengan pilih customise hingga muncul cutomise theme,disitu ada pilihan icon jika mau mengganti. semoga membantu.

Leave a Reply

