20 Comments

Master Linux,tolong saya.

Sudah beberapa hari ini saya sibuk mengurusi laptop yang baru seminggu diisi dengan ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Pada awal penggunaan saya merasa sangat senang dengan versi ini karena lebih elegan dan enteng (menurut saya). Termasuk setelah saya update kernel menjadi 2.6.32-22 kalo gak salah, tetap enak dipakai. Tapi masalah muncul setelah saya hapus kernel dan install aplikasi dan juga game secara online. Masalah yang pertama adalah saat saya mau shutdown tidak mau, termasuk restart. Tapi kalo dihibernate bisa dan tidak ada masalah.

Bingung dengan masalah itu saya pikir masih harus update,dan ahirnya saya update seluruhnya. Setelah update lewat google lihat ke forum ternyata ada masalah yang sama tapi di ubuntu 8.10 dan juga terselesaikan. Langkah-langkahnya Saya praktekkan di lopie tersayang. Namun apa yang terjadi tidak seperti yang saya inginkan tapi malah menjadi runyam ini laptop. Selain tidak mau shutdown lewat GUI,  lampu indikator wifi terus menyala dan baterei tidak terbaca.

Saking mumete akhirnya saya fresh install dari awal lagi dan setelah itu install aplikasi tertentu sesuai kebutuhan. Butuh waktu 5 jam saya menginstall apa yang saya mau dengan kecepatan download cuma 7-12 KB. Setelah install ini saya yakin kalo masalah saya bisa teratasi. Selesai install aplikasi yang saya butuhkan akhirnya saya mau shutdown dan ternyuata…..TIDAK MAU LAGI. Sampai sekarang kalo mau shutdown harus lewat terminal dengan mengetik “sudo shutdown -h now”.

Mohon para pakar linux bantu saya. Mosok harus kembali ke Karmic dan install ulang lagi. Capeek deeh!

Update: Kalo baru beberapa menit dipakai dan buka 1 ato 2 aplikasi dan di shutdown bisa normal alias tidak harus lewat terminal.

20 comments on “Master Linux,tolong saya.

  1. waduh *tepok jidat* saya belum bisa memberikan komen apa-apa nich … belum nyoba lucid … tapi emang di versi LTS suka ada kayak gini problemnya … alias problem-problem susah … spek laptopnya apa mas? mungkin ada yang bentrok dengan hardware … kok belom nemuin keluhan yah dari mas itempoeti.com, mas estiko.info ….

  2. waduh saya kok belum pernah mengalami hal seperti itu ya. jadi nggak bisa ngasih masukan apa apa nih. kalau pakai live cd normal nggak mas?

  3. @mas gadgetboy: sudah lapor ma mas estiko
    @mas endar: belum coba ntar tak coba dulu

  4. Walah, ternyata menggunakan Kernel baru tah. Kalo LL punyaku, Kernel masih default. Cuma update kecil2an aja, plus penambahan beberapa aplikasi yang penting.

    • setelah update kernel gak masalah,munculnya setelah kernel lama tak hapus dan install aplikasi namun tidak saya lanjut karena butuh waktu yang lama. Setelah freshinstall ulang lagi dan menggunakan kernel lama masalah ini tetep tidak terselesaikan.

  5. Coba dech pclinuxos mas (kl ada akses donlot🙂 ) sepertinya jauh lebih stabil dari lucid:mrgreen: hampir semua driver yg susah di ubuntu kedetek.

    • ya mas nanti kalo sempat donlot mo coba. ni masih nunggu hasil remastering mas estiko.kalo masih gak bisa mo ganti distro ja kayaknya. makasih sarannya.

  6. amankan data, pindahin ke partisi lain, trus hapus partisi linuxnya dan install ulang… kalau sudah berasa enak nggak usah update jg nggak apa-apa…🙂
    *di tempat saya aman2 saja tuh! sumpah! saya belum pernah ngalami kejadian seperti dirimu… piye jal ki??*

  7. mas.. mas… kalau sudah install, dolan ke warnet ajah! sambungin laptopnya ke koneksi di warnet… jadinya bisa dapat koneksi cepat dan nggak perlu nunggu sampai 5 jam… kasihan banget

    • pengennya juga gitu pak tapi saya tanya warnetnya tuk kabel koneksi dah disambung ke kompi semua dan pas lagi penuh. Ni nunggu remastering mas estiko sambil pesan isadora ke warnet.perjuangan untuk mempertahankan open source gak masalah sampai 5 jam tuk install. xixixixi.

      • Insya Allah dalam minggu ini saya kirim. Karena saya masih sedikit sibuk dengan sosialisasi Blogger Banyumas bersama Pradna. Maaf membuat menunggu lama.

  8. wah saya ga bisa bantu, masih newbie nih.. kalau saya sih pake helena, nyaman2 aja sih.. hehe..

  9. wah klo aku ngerti ma linux pasti tak ajarin ,..
    tp masalah nya aku juga g ngerti,…

  10. Mas…mau nanya duMz caRa update keRneL ke 2.6.32 di pclinuxos gmn ya??
    mohon jawabanna ke email liefde.schwinden@yahoo.com
    tQ befoRe…

  11. harusnya selama udah fresh install gak ada masalah…… *mikirrr

Leave a Reply

