12 Comments

Oh … Ubuntuku

Perkenalanku dengan Linux sebenarnya sudah dimulai saat pertama kali saya membeli laptop. Di laptop tersebut sudah terpasang Linpus Linux 9.3 yang sampe sekarang cd masternya masih terawat dengan baik (karena gak pernah dipakai). Waktu pertama makai bingungnya minta ampun, gak mudeng babar blass. Akhirnya saya kembalikan ke counter tempat saya beli dan diinstall vista. Karena spek laptop kurang memadai jadinya lemot lopieku. Untuk lebih familiar akhirnya saya minta teman untuk install windus ekspi tapi dengan menggunakan yang versi black karena dengan versi biasa tidak mau. Selang beberapa lama teman saya pengen membali laptop saya, dan karena ngoyak terus akhirnya saya jual walo agak eman juga karena masih sayang sebenarnya.

Setelah itu saya cari laptop lagi dan celakanya lopie ini hanya mau diinstall dengan vista atau windows seven. Sebenarnya speknya sudah cukup tapi karena dah enak makai ekspi akhirnya dengan remastering ekspi tanpa downgrade bios bisa juga. Banyak masalah yang muncul dengan OS ini akhirnya googling dan banyak saran untuk menggunakan Linux khususnya Ubuntu. Cari info ubuntu saat itu jaunty dan di kampus pas menyediakan iso master dan reponya jadi tinggal dunlut trus install.

Sungguh diluar bayanganku ternyata semua hardware di lopieku terbaca dengan baik. Dengan dvd repo sebanyak 6 keping saya tenang saja gak masalah tuk install aplikasi yang saya butuhkan tanpa harus terhubung dengan internet. Selama menggunakan Jaunty ini tidak ada maslah berarti yang saya dapatkan. Namun sejak saya menggunakan Karmic maslah yang muncul: tidak ada sound yang keluar, untuk indikator di taskbar kadang kala berubah dan bergeser juga masih banyak lainnya yang saya lupa. Tapi karena bantuan teman dari Banyumas akhirnya semua itu bisa teratasi. Saat diumumkam adanya iso Lucid lynx saya sangat tertarik untuk segera mencoba. Berbekal titip dunlut di warnet akhirnya ku install Lucid di lopieku. Tapi apa yang terjadi masalah lagi yang muncul yaitu tidak mau shutdown lewat GUI melainkan harus lewat terminal dengan mengetikkan “sudo shutdown -h now”. Sangat menjengkelkan!!!!!! saya tidak tahu kenapa dengan lopieku ini???

Saat ini ubuntu yang masih stabil gak ada masalah adalah ubuntu Jaunty yang masih menemani komputer PC dirumah.

12 comments on “Oh … Ubuntuku

  1. kalo masalahnya dah ketemu,berbagi cerita ya,aku juga pemula di dunia perlinuxan

  2. wah aku malah gak pernah pake linux mas masih setia ma Xp hehehe lain kali coba deh…

  3. masih setia pake si Karmic aja, coz upgrade ke Lucid masih banyak erornya, ampek buthak

  4. Go go go ubuntu gooo…😀
    freebsd gooo😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: