1 Comment

Linux yang kupunya

Berkutat dengan dunia perlinux-an memang tidak pernah bisa berhenti kalo diri kita tidak bisa mengontrolnya. Dari 1 distro ke distro yang lain telah menyita waktu yang tidak sedikit. Dari versi gnome,kde,lxde dan entah apalagi namanya saya sendiri juga tidak hafal. Kesemuanya itu memang sangat mengasikkan dan bahkan bisa menjadi “candu” bagi sebagian orang.

Termasuk saya mungkin hanyalah pengguna biasa yang masih awam untuk mengoprek linux. Tapi tidak saya sadari ternyata hampir selama 2 tahun awal mengenal linux, dan hampir pasti setiap hari pasti laptop saya jadikan kelinci percobaan. Sampai saya sendiri juga tidak tahu apakah 2 kali ganti lcd dalm kurun waktu 6 bulan akibat kesalahan ngutik software yang berakibat lcd rusak ato emang lcd hardwarenya yang eror (tapi untung masih garansi). hingga akhirnya laptop saya jual dan ganti baru tapi masalah yang sama muncul setelah 3 bulan, lcd eror (klaim garansi masih berlaku🙂

Sebenarnya selama mengutak atik saya cuma tampilan desktopnya thok,kalaupun ada yang lain tidak sampai merubah settingan bios. Dan distro yang saya coba mulai dari ubuntu gnome,linuxmint gnome dan kde, fedora gnome,kde dan gnome 3, mandriva gnome dan kde, pclinux kde dan lxde, dan yang terakhir opensuse kde. Masih banyak yang lain sebenarnya yang merupakan buatan lokal,tapi saya kira itu dah mewakili🙂

Kesemuanya itu saya coba hanya untuk mencari distro linux yang paling cocok buat saya gunakan sehari-hari. Distro yang ada saya install di laptop dan di pc untuk perbandingan saja. namun pada akhirnya setelah menjajal distro-distro yang saya punya bisa disimpulkan bahwa yang paling enak digunakan bagi saya adalah ubuntu. Dan hingga saat ini saya menggunakan ultimate edition 2.8 turunan ubuntu 10.10. Menurut pengalaman saya distro inilah yang paling lengkap dan enak digunakan karena hampir semua codec sudah lengkap, namun saking banyaknya aplikasi yang sudah terinstall menjadikan ruang hardisk yang lumayan untuk membenamkannya di laptop ato pc. Banyak aplikasi yang saya sendiri tidak berguna, tapi tak apalah yang penting enak digunakan untuk saya sebagai end user.

One comment on “Linux yang kupunya

  1. klo sudah cocok pasti nyaman…😀

Leave a Reply

