1 Comment

Kenapa perintah puasa di bulan Romadlon ?

Untuk menjadikan pengingat bagi saya dan yang lainnya bahwa pada bulan ini sebagai umat islam berkewajiban melaksanakan puasa satu bulan penuh, maka tulisan ini yang merupakan ringkasan dari mauidhoh hasanah Almukarrom Kyai Moch Muchtar Mu’thi dari jombang,  pendiri pondok pesantren Majma’al Bahrain bisa menjadikan pemahaman yang lebih dan semoga bermanfaaat.

Sudah menjadi rutinitas dan kewajiban bagi umat Islam yang beriman untuk melaksanakan puasa di bulan Romadhon. Di bulan ini baik tua muda besar dan kecil melaksanakan puasa dengan kadar kemampuan masing-masing, contohnya tetangga saya yang kasih duduk dikelas 2 SD melaksanakan puasa hanya setengah hari saja sebagai latihan kalo sudah baligh nanti sudah terbiasa untuk puasa satu hari penuh. Dan kita ketahui dalam satu tahun ada 12 bulan, Bulan satu bulan Muharrom atau Asyuro kemudian Shofar, Robi’ul Awwal, Robi’ul Akhir, Jumadil Awwal, Jumadil Akhir, Rojab sampai Dzulhijjah. Dari 12 bulan itu mengapa yang dipilih puasa satu bulan lamanya di bulan Romadlon, tidak dibulan Robi’ul Awwal, Syawwal, Dzulhjjah atau bulan lainnya ?.

Pastilah ada suatu hal uang menjadikan bulan Romadlon dijadikan bulan untuk puasa. Nah inilah yang banyak tidak tahu (termasuk saya sebelum bulan ini🙂 ) Lalu latar belakang apa yang menjadikan bulan Romadlon dijadikan wajib berpuasa? Ada beberapa sebab yang membuat hal ini jarang diketahui. Pertama sebab yang menjadi latar belakang adanya kewajiban puasa dibulan Romadlon itu dan sebab yang menjadi latar mukanya.

Suatu saat shohabat Abi Dzar Al Ghiffari bertanya kepada Rosululloh, “Ya Rosululloh berapa jumlah kitab suci yang diturunkan Alloh Ta’ala? Rosul menjawab, ada 100 kitab dan 4 kitab.  Jumlahnya 104 kitab suci. Jika dihitung jumlah nabi sejak nabi Adam hingga nabi Muhammad ada 124 ribu nabi maka tidak semua nabi menerima kitab suci. Menurut rosululloh, 104 kitab itu diturunkan kepada nabi Syits yang berusia 900 tahun sebanyak 50 kitab suci. Setelah selang beberapa ratus tahun, turun lagi 30 kitab suci kepada Nabiyuloh Idris, setelah itu 10 kitab suci diturunkan kepada nabiyuloh Ibrohim pada tanggal 1 bulan Romadlon. Berselang 700 tahun kemudian, turun lagi 10 kitab suci kepada nabiyolloh Musa As pada tanggal 6 bulan Romadlon.

Lantas nabi Musa menerima satu kitab suci lagi yaitu kitab Taurot. Rentang 500 tahun lagi Alloh menurunkan kitab Zabur kepada nabi Dawud pada tanggal 12 bulan Romadlon. Hingga sepanjang 1200 tahun lamanya kemudian Alloh menurunkan kitab Injil kepada nabi Isa pada tanggal 18 Romadlon. Dan 600 tahun lagi Alloh menurunkan kitab suci Al Qur’an kepada nabi Muhammad Saw tanggal 17 bulan Romadlon.

Bagaimana dengan para nabi yang tidak dituruni kitab suci ? Para nabi yang tidak menerima kitab suci itu menggunakan kitab suci dari nabi sebelumnya yang jarak waktunya antara satu dan lainnya berbeda-beda.

Para nabi yang tidak menerima kitab suci setelah nabi Syits, seperti nabi Nuh menggunakan kitab suci yang diturunkan kepada nabi Syits. Demikian juga dengan para nabi setelah nabi Ibrahim, menggunakan kitab suci yang diterima nabi Ibrahim. Dari 124 ribu nabi itu hanya Nabiyulloh Syits, Nabiyulloh Idris, Nabiyulloh Musa, Nabiyulloh Isa, Nabiyulloh Dawud, Nabiyulloh Ibrohim, Nabi Muhammad yang menerima kitab suci.

Garis besarnya, semua kitab suci itu turun pada malam bulan Romadlon. Jadi sebab latar belakangnya, pada bulan Romadlon itu Alloh menurunkan kitab suci yang jumlahnya ada 104. Oleh karena turunnya semua kitab-kitab suci itu di bulan Romadlon kemudian seluruh umat umat itu diperintah mensyukurinya dengan berpuasa bulan Romadlon, itu latar belakangnya.

One comment on “Kenapa perintah puasa di bulan Romadlon ?

  1. […] Gemuk dan SehatKenapa perintah puasa di bulan Romadlon […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: