1 Comment

Kemerdekaan Bangsa atau Negara?

Pada bulan ini yang bertepatan dengan puasa kita juga memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus dan hari itu juga merupakan puasa hari ke 17 pula. Namun dari kesekian kali peringatan hari kemerdekaan yang saya ikuti kok tidak saya rasakan kenikmatan dan kemanisan buah kemerdekaan ini. Padahal pada hari ini rakyat menikmati 2 hal yang membahagiakan, nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia dan nikmat berdirinya negara Republik Indonesia. Dua hal itulah yang menurut saya diperingati oleh semua warga negara indonesia dimanapun berada. Tapi apakah kenikmatan ini benar-benar bisa dinikmati oleh warga negara indonesia?

Kembali kemasalah kemerdekaan. Setiap ada pernyataan kemerdekaan yang saya heran dari pernyataan tersebut adalah kemerdekaan republik Indonesia. Padahal jika kita cermati pada tanggal 17 Agustus 1945 negara republik indonesia belum ada, tapi kenapa kok yang diperingati kemerdekaan repblik indonesia??? Yang dijajah dulu itu bangsa indonesia atau republik indonesia?

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Dalam teks proklamasi diatas yang menyatakan merdeka adalah bangsa indonesia, bukan republik indonesia. Dan atas nama bangsa indonesia yang diwakili oleh Soekarno/Hatta, bukan atas nama negara. Hal ini juga tertuang dalam UUD 1945 alinea 2 yang bunyinya

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Sedangkan tentang kekuasaan atau negara akan dibentuk secepatnya setelah proklamasi yang tertuang pada

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja”. 

Jadi dibentuknya negara menurut keterangan diatas akan dilaksanan dengan seksama dan dalam waktu secepatnya. Sehingga pada waktu proklamasi itu negara belum ada, yang ada adalah kemerdekaan rakyat/bangsa indonesia.

Bukannya saya mau menyalahkan pernyataan kemerdekaan republik indonesia, ini cuma sekedar nulis aja yang mungkin bisa menjadikan saya mengingat jasa-jasa para pahlawan. Akhir tulisan ini, saya berharap bahwa negara ini semoga bisa keluar keterpurukannnya dari berbagai masalah yang ada saat ini.

MERDEKA BANGSAKU, MERDEKA NEGARAKU !!!!

One comment on “Kemerdekaan Bangsa atau Negara?

  1. DIRGAHAYU INDONESIAKU. MERDEKA…
    Salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: