Leave a comment

Mengembalikan file yang terhapus lewat ubuntu

Lama gak menulis agak kikuk juga ketika harus nulis ya!
To the point aja…. ceritanya gini kemarin ketika menghapus salah satu file ternyata tidak sengaja saya juga menghapus file yang masih saya butuhkan. Kontan aja mengetahui itu saya agak bingung juga, namun dengan hati yang ditenang-tenangkan sambil berdoa supaya masih bisa terselamatkan saya googling liat san liat sini. Dan Alhamdulillah akhirnya saya menemukan caranya lewat ini. Sebenarnya ada banyak cara yang ditunjukkan tapi saya pilih satu aja yang worked well to me.

Yang saya gunakan adalah Photorec

Para pengguna Ubuntu dapat menginstal Photorec dengan mengetik perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get install testdisk

Setelah terinstal, jalankan Photorec dengan user root:

sudo photorec

Photorec akan meminta kalian memilih partisi mana yang akan di-recovery kemudian pada langkah selanjutnya kalian diminta untuk menentukan filesistem dari partisi tersebut, proses Photorec akan berakhir dengan permintaan memilih folder keluaran untuk menyimpan file yang berhasil di-recovery

Meskipun ada banyak aplikasi recovery di Ubuntu/Linux, saya menganjurkan teman-teman untuk berhati-hati ketika menghapus file, karena walau bagaimana pun aplikasi recovery tidak dapat mengembalikan file secara utuh 100% apalagi jika file tersebut sudah lama terhapus.

yang perlu diperhatikan nama file yang terecovery nanti beda dengan nama file asli di dalam folder recup_dir, jadi kita harus pilih satu-satu file yang ada (itu yang terjadi pada saya).

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

